Alasan Mengapa Anak Perlu Belajar Main Catur

Advertisement

Kebanyakan anak mungkin lebih suka bermain basket, sepak bola, bermain video game, atau bermain media sosial. Namun, cobalah untuk mengajak anak bermain catur. Catur adalah permainan yang membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Dengan gerakan yang lambat namun dipikirkan secara kritis, dan banyak strategi yang terlibat.

Alasan Mengapa Anak Perlu Belajar Main Catur

Catur dapat meningkatkan kehidupan anak dalam berbagai cara.

Bagi sebagian besar orang, catur hanyalah permainan papan. Tidak banyak anak yang ingin menjadi bagian dari klub catur, tetapi yang tidak kita sadari adalah bahwa catur memainkan peran penting dalam pendidikan di banyak bagian dunia.


Berikut kami sebutkan  manfaat anak belajar main catur di usia dini.


Manfaat yang Didapatkan Anak Saat Belajar Bermain Catur

Orangtua yang mengajarkan anak bermain catur melihat perbedaan dalam perilaku anak-anak mereka, seperti tingkat kesabaran yang lebih baik dan lebih sedikit amarah. Selain itu, berikut kami informasikan seputar manfaat yang didapatkan anak saat belajar bermain catur.


Membantu anak lebih fokus

Bukan rahasia umum lagi bahwa catur dapat membantu anak lebih fokus. Catur adalah permainan yang membutuhkan waktu untuk membuat keputusan penting, memaksa pemain untuk tenang di bawah tekanan, sambil fokus.


Pada gilirannya, catur dapat meningkatkan fokus anak pada kegiatan sehari-hari seperti belajar, tugas, dan membaca. Selain itu, catur juga mendorong kesabaran dan kemarahan yang lebih rendah, seperti halnya bermain catur dilakukan dengan tenang di bawah tekanan.


Mengajarkan tentang konsekuensi

Catur adalah permainan di mana setiap tindakan memiliki konsekuensi. Ini adalah sesuatu yang anak dapat pelajari secara tidak sadar melalui permainan, atau sesuatu yang dapat Mama jelaskan kepada mereka melalui permainan.


Namun, ini tidak berarti tindakan hanya memiliki konsekuensi buruk. Catur adalah permainan yang melibatkan konsekuensi baik dan buruk, berdasarkan seberapa baik strategi itu dipikirkan.


Oleh karena itu, bermain catur adalah kesempatan yang baik menjelaskan hal-hal besar dalam hidup seperti bertanggung jawab. Misalnya, keputusan tergesa-gesa dalam catur dapat menyebabkan potensi kerugian.


Anak perlu berpikir kritis dan menganalisis semua tindakan potensial, dan konsekuensinya sebelum bergerak. Konsep ini dapat digunakan untuk memilih pilihan dalam hidup. Saat membuat keputusan penting, jangan terburu-buru. Luangkan waktu untuk menganalisis hasil dari setiap tindakan, dan kemudian tentukan pilihannya.


Memahami konsep menang dan kalah

Konsep menang dan kalah dapat diajarkan melalui olahraga apa pun. Tetapi rasa tenang yang terkandung dalam catur dapat membantu memperkuat konsep tersebut sehingga reaksi anak tidak akan terlalu frustrasi.


Selain itu, catur juga membantu merefleksikan apa yang bisa dilakukan dengan lebih baik dengan menganalisis gerakan dan menciptakan taktik baru. Ini juga sesuatu yang bisa diterapkan pada situasi kehidupan nyata.


Memotivasi anak untuk lebih baik

Faktor ini penting untuk mengajarkan anak tahu bahwa dalam hidup aka nada yang namanya kekalahan. Bahkan di sekolah, jika anak berada di peringkat kedua, ketiga, kelima, anggap kekalahan menjadi sebuah motivasinya untuk lebih maju lagi.


Catur akan membantu mereka memahami bahwa mereka dapat mengetahui bagaimana mereka dapat melakukan lebih baik waktu berikutnya. Menerapkan aturan yang sama dari belajar dari kekalahan permainan, untuk mengetahui apa yang mereka dapat tingkatkan agar melakukan lebih baik lagi di kemudian hari.


Membantu anak menganalisis situasi dalam menentukan keputusan

Ini hampir mirip dengan titik konsekuensi. Ketika anak dapat memecahkan masalah dan merencanakan ke depan, dengan waktu dan latihan, anak akan belajar menjadi lebih baik. Ini berlaku untuk permainan catur, dan dalam kehidupan.


Membantu anak menyadari konsekuensi dari tindakan mereka membuat mereka menganalisis situasi lebih untuk membuat keputusan yang lebih bertanggung jawab. Lebih penting lagi, ini membantu mereka mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka juga.

Advertisement
Alasan Mengapa Anak Perlu Belajar Main Catur | Maulana | 5