Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli SSD

Advertisement

Di era yang serba cepat ini, jangan biarkan HDD Anda menjadi faktor perlambatan komputer Anda. Dengan menggunakan SSD, komputer Anda bisa sampai 10 kali lebih cepat! Jangan tergoda untuk membeli SSD segera. Ada hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli SSD yang semuanya tercantum dalam artikel ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli SSD

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli SSD

Dengan membaca artikel ini, Anda akan memahami apa yang harus Anda perhatikan sebelum membeli SSD (Solid State Drive) untuk komputer atau laptop Anda. Dan percayalah, upgrade SSD adalah keputusan yang sangat tepat untuk komputer Anda sekarang untuk menggantikan HDD (Hard Disk Drive). Langsung saja, ini dia artikelnya.

Harga

Nah, ini adalah faktor paling dasar untuk membeli barang baru. Perlu Anda ketahui, SSD sebenarnya sudah ada sejak lama. Saat SSD dijual ke banyak orang, harga per GB bisa mencapai Rp. 30.000.

Kapasitas Penyimpanan

Dari ulasan mengenai harga tersebut, bisa juga anda tarik kesimpulan mengenai kapasitas yang disediakan. Harga SSD jauh lebih mahal daripada HDD dengan kapasitas yang lebih sedikit pula. Nah, sebelum anda pindah ke SSD ADATA, coba periksa semua data-data anda. Apakah data-data anda banyak atau tidak. Jika banyak, mungkin anda ingin memindahkannya di HDD Eksternal saja.

Perlu diperhatikan juga bahwa cara SSD dalam menyimpan data juga berbeda dengan HDD. SSD tidak mampu menimpa data ketika kita menulis data baru. Contohnya adalah ketika kita melakukan replace data di File Explorer, ketika Data A yang lama diganti dengan Data A yang lebih baru.

Dalam menyimpan data, SSD memilik beberapa blok dan di dalam satu blok, terdiri dari beberapa halaman seperti pada gambar diatas. Awal mula, Blok X yang memiliki data A dan data B. Karena SSD tidak mampu melakukan penimpaan data, ketika data tersebut ditimpa dengan data baru, data baru akan di-copy terlebih dahulu di halaman baru (di representasikan dengan data C dan D).

Data A dan data B kemudian di gandakan dan menempati posisi di data A’ dan data B’. Hingga saat ini, data A dan B dalam keadaan invalid. Sedangkan data A’ dan B’ berfungsi sebagai halaman pengganti untuk proses selanjutnya.

Karena ketidak mampuan SSD dalam menimpa data, seluruh data yang ada di blok X harus dihapus. Akhirnya, data baru yaitu data C dan D akan digandakan ke Blok Y. Terakhir, semua data yang ada di Blok X dihapus agar bisa digunakan oleh data lainnya.

Semua proses tersebut dinamakan Garbage Collection. Jika anda perhatikan dengan seksama, proses ini membutuhkan ruang bebas agar data baru bisa dimasukkan ke SSD. Jika sisa ruang data SSD anda tidak cukup, maka proses ini akan berjalan lebih dan berakibat penurunan performa SSD.

Untuk itu, pastikan anda menyisakan ruang data di SSD anda. Misalnya anda membeli SSD dengan kapasitas 240 GB. Silahkan anda gunakan hanya 200 GB saja. Sisa 40 GB anda gunakan untuk proses garbage collection. Jika diberikan persentase, sisakan 20% dari kapasitas SSD anda.


Kecepatan

Ya, SSD sangat cepat. Kecepatannya bisa mencapai 10 kali lipat dibandingkan HDD tradisional. Untuk memberikan gambaran, jika anda mengklik Adobe Illustrator dan jarak antara loading hingga muncul jendelanya adalah 10 detik, anda bisa melakukan hal yang sama namun dengan waktu tunggu yang hanya 1 detik saja. Super cepat bukan?

Bahkan jika anda memiliki SSD dengan kecepatan transfer paling rendah diantara SSD lainnya, tetap saja SSD selalu lebih cepat daripada HDD. Jika kecepatan adalah faktor utama dalam membeli SSD, maka anda harus memperhatikan spesifikasinya sebelum anda membeli SSD tersebut. Mari kita bahas bagaimana cara menilai kecepatan sebuah SSD.


Spesifikasi Fisik

Kita sudah membahas harga, kecepatan, dan juga kapasitas penyimpanan. Namun semua itu tidak berguna jika SSD yang anda inginkan tidak bisa dipasang di komputer anda. Ya, faktor spesifikasi fisik juga perlu kita perhatikan, agar SSD yang nantinya anda beli, cocok dengan komputer anda. Berikut spesifikasi fisik yang harus anda perhatikan sebelum membeli SSD.

Advertisement
Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli SSD | Maulana | 5