Cara Mudah Memilih Shade Foundation Yang Bagus

Advertisement

Foundation atau alas bedak merupakan bagian penting dalam bermake up. Dengan menggunakan foundation, anda bisa menutupi semua kekurangan wajah. Seperti bekas jerawat, warna kulit tidak merata dan lainnya. namun memilih foundation tidak semudah yang dipikirkan. Apalagi sekarang shade foundation banyak sekali. Ada natural, natural beige, medium, dan masih banyak lainnya. jika anda memilih shade yang salah, akan membuat wajah bopeng dan tidak terlihat kurang menarik. Berikut ini cara mudah memilih shade foundation yang bagus sesuai warna kulit.
Cara Mudah Memilih Shade Foundation Yang Bagus
Ketahui Undertone Kulit Anda
Sebelum membeli foundation sebaiknya anda ketahui warna undertone kulit. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat warna urat nadi. Jika urat nadi berwarna biru, berarti undertonenya cool. Jika urat nadi berwarna hijau, undertone kulit warna. Dan jika berwarna hijau kebiruan atau biru kehijauan maka memiliki undertone kulit neutral. Kemudian sesuaikan dengan warna kulit anda.
      Pemilik warna putih dengan undertone cool, bisa memilih foundation berwarna ivory, pink atau bronze. Warna ini tidak akan membuat kulit semakin pucat.
      Pemilik warna kuning langsat dengan undertone warna. Anda bisa memilah foundation yang berwarna beige, yellow, honey, golden atau caramel. Jangan lupa untuk menyesuaikan tingkat warna kulit. Bisa lebih gelap atau lebih terang dari kulit.
      Pemilik warna kulit sawo matang dengan undertone neutral, bisa memilih foundation berwarna beige, natural beige, espresso atau walnut.

Coba Foundation di Area Leher dan Pipi
Ketika membeli foundation, jangan coba warnanya di tangan. Karena warna tangan terkadang sedikit berbeda dengan warna wajah. Lebih baik coba foundation dibagian pipi dan leher. Tidak perlu terlalu banyak, cukup cocokan warnanya saja. jika mencoba di pipi, anda bisa mencobanya di bawah mata. Cari warna yang paling dekat dengan warna kulit. Jangan lupa untuk diratakan dan diamkan sebentar, karena warna foundation terkadang sedikit berbeda. Bila wajah anda lebih terang dibandingkan leher, bisa mencoba di leher anda dan pilih warna yang mendekati warna leher.

Cek Huruf Atau Angka di Kemasan Foundation
Beberapa merk foundation sudah menuliskan jenis undertone wajah di kemasannya. Mereka menuliskannya dalam bentuk huruf dan angka. Misalnya warna kulit anda kuning langsat atau putih, bisa memilih shade foundation yang bernomor 10 atau 20. Bila warna kulit gelap atau sawo matang, bisa memilih shade dengan angka besar. seperti angka 40 atau angka 50. Jangan lupa untuk melihat hurufnya. Huruf C berarti cool, huruf W berarti warm dan huruf N berarti neutral.

Coba Foundation di Pencahayaan Netral
Jangan mencoba foundation di tempat gelap, karena akan membuat warnanya berbeda. Cobalah foundation di bawah pencahayaan yang netral atau baik. anda bisa mencobanya di dekat sinar matahari. Bila mencoba di mall, pastikan memiliki pencahayaan lampu berwarna putih cerah. Jika pencahayaannya agak kuning, akan membuat warna foundation terlihat lebih gelap. Selain itu anda bisa mencoba produk tersebut selama 15 menit, sebelum akhirnya benar-benar membelinya. Karena ada beberapa brand foundation yang akan berubah warna setelah pemakaian beberapa menit. Apalagi jika alas bedak terkena keringat anda.
Dengan melakukan semua cara diatas, anda bisa menemukan foundation dengan warna yang tepat. jika sudah terlanjur membeli foundation dengan shade salah. Bisa mencampurkan dengan foundation warna lainnya. ketika memilih parfum pun harus hati-hati. Karena ada beberapa parfum yang wanginya berubah setelah bercampur dengan keringat.
Advertisement
Cara Mudah Memilih Shade Foundation Yang Bagus | Maulana | 5