Tips Agar Tidak Tertipu Toko Atau Bengkel Yang Jual Aki Bekas

Advertisement
Apakah anda pernah merasa dibohongi oleh pemilik toko ataupun bengkel karena aki mobil yang baru saja anda beli, tak lama kemudian sudah rusak? Jika iya, ada kemungkinan tempat tersebut jual aki   rekondisi kepada anda. Padahal aki yang anda beli merupakan aki rekondisi yang dijual dengan harga seperti aki baru. Tentu saja anda pasti merasa kesal karena merasa dibohongi, namun karena tidak adanya garansi aki dari tempat tersebut, anda tidak bisa meminta ganti rugi. Oleh karena itulah anda harus mencermati spare part kendaraan yang akan anda beli, perhatikan segala halnya mulai dari kemasan yang masih tersegel karena memang anda tidak bisa membuka isinya karena spare part yang masih baru. Selain kemasan, anda bisa memperhatikan tulisan-tulisan atau kode yang tercantum di kemasan agar anda dapat mengetahui apakah spare part yang akan anda gunakan pada kendaraan anda adalah spare part rekondisi atau spare part baru.

Tips Agar Tidak Tertipu Toko Atau Bengkel Yang Jual Aki Bekas

Kalaupun ada yang jual aki dengan harga yang murah, jangan terpancing. Karena anda pasti tahu bahwa harga aki yang bagus seperti NS Battery memiliki harga yang lumayan mahal, namun harga tersebut sebanding dengan kualitas dan performa aki yang diberikan. Walaupun anda membeli di bengkel langganan, mintalah pihak bengkel untuk melakukan pengecekan aki terlebih dahulu. Jika tegangan aki tersebut di bawah 12 volt, maka bisa dipastikan jika aki tersebut harus diisi ulang, bukan aki baru. Agar anda tidak salah membeli di toko yang jual aki, ada beberapa hal yang harus anda cermati.

  • Dalam kemasan, terdapat dua lubang di atas terminal min dan plus. Anda bisa meminta pihak bengkel untuk melakukan pengecekan tegangan aki dari luar menggunakan multitester tanpa membuka kemasan. Jika tegangannya berkisar di 12,3 hingga 12,6 volt maka aki tersebut dalam kondisi normal.
  • Setiap merek aki, termasuk NS Battery dilengkapi dengan segel berupa hologram ataupun isolasi. Jadi ketika anda mendapatkan aki dalam segel yang rusak, maka dapat diketahui bahwa aki tersebut pernah dibuka. Jadi pastikan bila segel tetap utuh sebelum anda membelinya.
  • Apabila anda mendapatkan aki yang bermasalah, anda bisa melihat kode produksi pada bagian pojok kanan atas aki. Anda bisa menelusuri toko yang jual aki bermasalah tersebut dan apa yang menjadi permasalahan aki tersebut.
  • Biasanya pihak toko akan menambahkan kode dalam kemasan aki, misalnya saja 17/12. Karena tahun pembuatan tidak bisa dijadikan patokan apakah aki sudah kadaluarsa atau belum. Karena masih ada aki yang bertahun-tahun belum digunakan (masih baru) namun ketika dicek tegangannya, tegangannya masih di atas 12 volt dan masih dapat dipakai. Apabila anda menggunakan NS Battery, maka anda dapat melakukan klaim pada pihak NS Battery ataupun toko yang jual aki tersebut pada anda.
Karena kendaraan yang nyaman menjadi faktor utama dan yang paling penting, anda tidak boleh mengesampingkan permasalahan dalam pemilihan aki di tempat jual aki, dan jangan sampai mendapatkan aki rekondisi. Untuk mendapatkan kendaraan yang nyaman, selain anda harus menggunakan aki yang baru, anda juga harus menggunakan NS Battery, dijamin anda akan mendapatkan kendaraan yang nyaman. NS Battery tidak hanya memiliki performa yang baik, namun anda tidak akan kesulitan dalam melakukan perawatan terutama jika anda menggunakan aki kering karena anda tidak perlu mengecek air aki.

Aki kering dari NS Battery tidak sama dengan aki kering merek lainnya, pertama anda tidak perlu merasa khawatir apabila anda tidak paham terkait mobil karena pemasangannya sangatlah gampang. Kedua daya tahan baterai nya sangat tinggi, jadi anda tidak perlu khawatir harus membeli aki baru di toko yang jual aki atau bengkel langganan anda. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari aki anda, anda bisa melakukan klaim garansi ke NS Battery secara langsung. Jika anda menggunakan aki kering NS Battery seri Jaguar, maka aki anda memiliki masa garansi selama 12 bulan, sedangkan seri Cheetah memiliki masa garansi 18 bulan. Jadi ketika bengkel anda tidak menerima klaim garansi aki milik anda, anda tidak usah cemas karena anda dapat datang ke NS Battery secara langsung dan bisa mendapatkan perbaikan atau bahkan penggantian aki yang baru.

Walaupun NS Battery memiliki daya tahan yang bagus dan menyediakan garansi dalam jangka waktu yang lama, tidak ada salahnya menjaga agar aki kendaraan anda tetap awet. Berikut adalah tips-tips nya.

  • Jangan sampai ada serbuk putih yang menutupi terminal aki. Untuk menghilangkannya anda bisa menyiramnya dengan air panas.
  • Letakkan aki pada dudukan yang sudah tersedia dalam kendaraan anda, kencangkan pengaitnya secukupnya agar aki tidak lepas.
  • Hindari penggunaan aksesoris mobil yang membutuhkan daya besar seperti televisi.
Advertisement
Tips Agar Tidak Tertipu Toko Atau Bengkel Yang Jual Aki Bekas | Muhammad Maulana | 5