Mau Beli Baju Secara Online? Hati-hati dengan Barang Palsu yang Beredar

Advertisement

Berbelanja online kini jadi kebiasaan sebagian besar orang, terutama di perkotaan. Karena, berbelanja online tergolong praktis dan Anda tinggal menunggu barang sampai di tempat tinggal Anda. Meskipun berbelanja online cukup praktis, namun bukan berarti berbelanja online tidak menghindarkan Anda dari berbagai risiko. Ada berbagai risiko yang bisa saja menghampiri salah satunya yakni membeli barang palsu.

Mau Beli Baju Secara Online? Hati-hati dengan Barang Palsu yang Beredar

Barang palsu jadi salah satu hal yang ditakuti karena di Indonesia ada berbagai barang palsu yang beredar bebas. Untuk dapat memastikan barang terutama baju yang Anda beli merupakan barang asli, anda tentu harus teliti sebelum membelinya. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan agar terhindar dari baju-baju palsu yang banyak beredar.

Lihat Jahitan
Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari baju palsu yang banyak beredar yakni dengan melihat jahitan yang digunakan. Meski membeli secara online tidak memungkinkan Anda untuk melihat jahitannya, tapi Anda bisa saja meminta kepada penjual untuk menunjukkan foto jahitan dari produk yang ditawarkan. Baju atau kaos wanita branded umumnya memiliki jahitan dengan pola yang rapi karena melalui serangkaian pengecekan sebelum dijual di pasaran.
Perhatikan bahan
Selain jahitan, hal lainnya yang bisa Anda terapkan untuk terhindar dari baju palsu yang banyak beredar adalah bahan yang digunakannya. Baju atau kaos wanita branded umumnya memiliki bahan yang khas dan nyaman untuk dikenakan. Agar bisa memperkirakan bahan yang digunakan, Anda dapat meminta foto produk kepada pihak penjual atau menanyakan perihal detail bahan yang digunakan. Dengan memperhatikan bahan yang digunakan, maka Anda dapat memastikan apakah baju yang ditawarkan benar-benar asli atau tidak.

Cek brand
Baju branded tentu memiliki logo atau brand yang menjadi ciri khasnya. Untuk bisa menghindarkan Anda dari baju palsu yang banyak beredar, maka Anda dapat mengecek brand yang ada di kaos branded wanita tersebut. Caranya, coba liat pada sekitar kerah dimana biasanya produsen meletakkan brand sekaligus ukuran kaos yang ditawarkan. Jika Anda mendapati brand yang sesuai dengan barang aslinya, maka dapat dipastikan kaos wanita branded yang ditawarkan tersebut benar-benar asli dan bisa Anda beli.

Cek barcode atau nomor seri pada label
Selain brand yang ada di bagian kaos dekat kerah, cara lain untuk mengidentifikasi keaslian suatu produk yakni dengan mengecek barcode atau nomor seri pada labelnya. Saat Anda membeli kaos wanita branded, maka biasanya pihak produsen akan memberikan barcode atau nomor seri pada tiap produk yang dikeluarkannya. Barcode atau nomor seri bisa menjadi pertanda bahwa kaos wanita branded yang tengah Anda incar benar-benar asli. Jadi, sebelum membeli Anda dapat memperhatikan apakah ada label berupa barcode atau nomor seri pada produk yang ditawarkan secara online tersebut.

Cermati harga yang ditawarkan
Salah satu hal yang membuat banyak orang terjebak pada barang palsu adalah harga murah yang ditawarkannya. Membeli barang branded mungkin mengharuskan Anda untuk merogoh kocek lebih dalam, tapi justru itulah yang menandakan bahwa kaos yang akan Anda beli benar-benar asli. Sebaliknya, Anda justru harus curiga jika ada penjual online yang menawarkan kaos wanita branded dengan harga yang terlalu murah. Karena, harga yang murah seringkali menjadi siasat agar banyak orang tertarik untuk membeli dan Anda harus benar-benar teliti agar tidak terjebak pada barang palsu.
Advertisement
Mau Beli Baju Secara Online? Hati-hati dengan Barang Palsu yang Beredar | Muhammad Maulana | 5