Ini Batas Maksimal Konsumsi Mie Instan Dalam Satu Bulan

Advertisement
Mie instan sering menjadi sahabat utama bagi banyak warga Indonesia. Apalagi, bagi anak kost, yang sedang kebingungan mencari makanan di tengah malam, atau hanya punya sedikit uang di akhir bulan. Hasilnya, tentu akan tertuju ke mie instan.

Penyebab pertama adalah hargannya yang cukup terjangkau. Harga mie instan biasanya dijual paling murah Rp 2.500 per bungkus dan termahal yakni produk mie instan ekslusif yang dijual seharga mencapai Rp 15.000 per bungkus. Itu juga masih termasuk terjangkau bukan?

Ini Batas Maksimal Konsumsi Mie Instan Dalam Satu Bulan

Produk mie ekslusif yang harga jualnya mencapai Rp 15.000 - Rp 20.000 misalnya, menyediakan daging asli, telur asli dan porsi yang lebih banyak dari produk mie biasa. Selain itu, mie tersebut lebih mahal karena merupakan mie sehat, yang rendah kalori, sehingga pas untuk penderita diabetes, penyakit gula, atau yang sedang diet. Salah satu produk mie kesehatan adalah Fitmee yang dijual di berbagai toko online. Fitmee blibli misalnya, adalah fitmee yang dijual di online store Blibli. Meski demikian, mie yang murah tetap menjadi primadona bagi para penggemarnya.

Karena harganya yang murah, juga mudah penyajiannya ditambah lagi rasanya yang nikmat, menjadikan mie instan sebagai salah satu produk yang paling sering dibeli masyarakat Indonesia. Data menyebutkan, permintaan mie instan di Indonesia setiap tahunnya mencapai angka 13 miliar bungkus, loh!

Pertanyaannya, amankah setiap hari mengonsumsi mie instan? Bila mie instan yang Anda konsumsi adalah jenis mie instan sehat seperti Fitmee yang bisa Anda beli di online store seperti Blibli, maka bisa dikatakan aman saja selama tidak berlebihan. Tapi kalau mie yang biasa, tentunya ada batas yang jangan Anda lewati.

Penyebabnya, karbohidrat di dalam mie cukup tinggi, juga tinggi kadar garam, MSG dan pengawet. Semua itu bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, tentunya akan berpengaruh buruk bagi tubuh Anda. Apalagi, bagi Anda yang memiliki masalah dengan hipertensi, diabetes dan masalah dengan berat badan.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa dalam satu minggu, mie instan sebaiknya tidak dikonsumsi lebih banyak dari 2 bungkus. Nah, bagi Anda yang bahkan mengonsumsi mie instan lebih dari 2 bungkus per minggu, sebaiknya mulai dikurangi, yah. Dengan batasan 2 bungkus per minggu, berarti dalam satu bulan, maka jumlah maksimal mie instan yang dikonsumsi adalah 6 bungkus.

Masalahnya, kebanyakan orang Indonesia malahan mengonsumsi mie instan sebanyak 2 bungkus per hari, yang berarti mencapai 14 bungkus perminggu dan satu bulannya sudah mencapai 56 bungkus! Tentunya, hal itu terlalu berbahaya bagi kesehatan Anda.

Bagaimana bila Anda termasuk penderita darah tinggi, penyakit gula dan obesitas? Untuk kebaikan Anda sendiri, sebaiknya, makan mie instan dikurangi atau bila perlu dihentikan. Tentunya, dengan kalori, MSG dan garam yang cukup tinggi, namun vitamin dan mineral di dalam mie instan tidak cukup untuk menutrisi tubuh Anda. Hasilnya berbagai penyakit mulai bermunculan dan penyakit Anda malah semakin parah.

Jalan lainnya adalah mengonsumsi mie yang rendah kalori dan juga rendah garam dan MSG. Mie yang direkomendasikan adalah Fitmee, yang bisa Anda dapatkan di sejumlah online store Indonesia. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa makan mie satu ini dengan jumlah yang berlebihan, yah. Agar tetap aman, tetap jaga batas konsumsi Anda, juga perbanyak makan nasi, buah dan sayuran, serta minum air putih. Terakhir, juga sering-sering olahraga yah. Yuk, mulai gaya hidup sehat mulai sekarang.
Advertisement
Ini Batas Maksimal Konsumsi Mie Instan Dalam Satu Bulan | Muhammad Maulana | 5