Tips Merawat Batik dan Rekomendasi Model Baju Batik Wanita yang Terbaik

Advertisement

Batik merupakan bahan pakaian khas Indonesia dan menjadi tren yang sudah dikenal oleh dunia. Batik sudah dikenal sebagai bahan pakaian wanita dan pria, sudah banyak di produksi oleh berbagai merek batik ternama. Selain itu juga batik ini menyediakan bahan batik atau batik jadi untuk digunakan. Saat ini ada begitu banyak model batik khusus wanita yang sudah setara dengan model dan desain baju lainnya. Hal ini membuat kecintaan terhadap batik semakin banyak dan tentunya dapat membuat batik menjadi terlestarikan. Model baju batik wanita saat ini cukup beragam dengan berbagai pilihan dan paduan warna yang disesuaikan dengan karakter penggunanya.


Batik sudah dijual pada situs belanja online, biasanya menawarkan batik yang sudah jadi dengan desain yang dapat dipilih. Desain yang ditawarkan biasanya lebih sederhana dengan harga yang murah dan desain yang cukup menarik dengan harga yang lebih mahal. Namun, belum banyak yang mengetahui cara merawat batik dengan benar. Berikut adalah tipsnya:

• Saat mencuci gunakan sabun pencuci khusus batik yang banyak dijual di pasaran.
• Dapat juga mencucinya dengan menggunakan shampo rambut dengan cara melarutkan shampo dengan air dan mencelupkan batik.
• Dapat juga menggunakan buah lerak atau daun tanaman di lem yang sudah direndam pada air     hangat. Hal ini dapat mencegah munculnya hewan kecil perusak kain.
• Jangan mencuci kain batik pada mesin cuci.
• Batik tidak perlu diperas dan tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari langsung.
• Saat menjemur tarik bagian tepi batik supaya serat kembali ke posisi semula.
• Semprotkan sedikit air dan sehelai alas kain diatasnya saat akan menyetrika baju batik.
• Jika ingin menggunakan pelembut atau pewangi dapat menutupinya dengan koran supaya tidak   terkena langsung dengan batik.
• Simpan batik dan hindari penggunaan kapur barus yang dapat merusak serat kain batik.

Beberapa cara merawat batik diatas perlu dilakukan supaya batik yang digunakan lebih tahan lama. Selain tahan lama, juga supaya batik lebih memiliki warna yang sama dan tidak pudar. Menjaga serat batik sangat penting supaya saat digunakan batik tetap tampil menarik. Untuk model batik dapat disesuaikan dengan selera dan disesuaikan dengan kegiatan yang akan diikuti.

Rekomendasi model baju batik:

Berikut adalah beberapa rekomendasi model baju batik untuk wanita:

• Model kemeja.

Biasanya memiliki kerah shanghai yang dikombinasikan dengan model kancing teknik sehingga sangat cocok untuk wanita kantoran.

• Model blus.

Biasanya memiliki kelonggaran pada bagian atas dan biasanya dipadukan dengan beberapa model lainnya untuk membuat batik lebih stylish.

• Model dress.

Biasanya untuk kondangan dan acara-acara penting dengan menggunakan kombinasi batik berwarna terang dan gelap.

Wanita muslimah dapat juga menggunakan berbagai model batik dengan lengan yang lebih panjang. Untuk dress muslimah, biasanya menggunakan yang sedikit kembang sehingga akan terlihat lebih menawan. Saat ini beberapa bahan batik dapat dipilih sesuai dengan kenyamanan dan kantong keuangan pembelinya, dan hal itu dapat dicari tahu pada situs belanja online yang memiliki deskripsi yang lebih lengkap.

Model baju batik wanita sudah banyak bahkan dapat meniru baju yang bukan batik. Menggunakan batik tidak akan membuat seorang wanita terlihat tua. Hal ini dikarenakan banyaknya pilihan warna dan motif batik yang dapat disesuaikan dengan karakter serta umur penggunanya. menggunakan batik akan turut mengembangkan budaya Indonesia dan melestarikan budaya supaya tidak termakan oleh zaman.
Advertisement
Tips Merawat Batik dan Rekomendasi Model Baju Batik Wanita yang Terbaik | Muhammad Maulana | 5